Pages

Kamis, 05 April 2012

Deskripsi Ruang Lingkup Proyek IT

MANAJEMEN PROYEK
Asri Dwi Neliyawati (201083012)
Ridho Firmansyah (201083018)

Selain diterapkan dalam bidang konstruksi, ilmu manajemen proyek juga tidak kalah pentingnya untuk diterapkan dalam bidang IT. Nilai proyek IT yang cukup besar menyebabkan penanganan proyek-proyek IT harus direncanakan secara matang. Tidak jarang banyak proyek IT yang mengalami kegagalan dalam pencapaian tujuan, jadwal maupun batasan biaya yang telah ditetapkan diawal. Bahkan beberapa diantaranya cenderung mengalami pengurangan ataupun penyesuaian terhadap ruang lingkup pekerjaannya dengan tujuan agar dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Akibatnya, hasil proyek yang dicapai akan lebih sedikit dari apa yang pernah direncanakan semula, padahal dalam penyelesaiannya tetap membutuhkan biaya untuk lingkup pekerjaan yang telah disepakati di awal.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Standish Group Internasional pada tahun 1998, memperlihatkan bahwa dari 7400 proyek IT yang dikerjakan pada masa itu,34% diantaranya mengalami keterlambatan atau over budget, 31% proyek terlantar begitu saja, direka ulang ataupun dimodifikasi dan hanya 24% saja yang dapat diseleaikan tepat pada waktunya dan sesuai dengan budget. Belum lagi banyak ditemukan proyek-proyek IT yang bernilai besar, namun tidak memberikan manfaat yang cukup signifikan bagi perusahaan. Apa sebenarnya yang menjadi penyebab dari kegagalan proyek IT?



Fakta dilapangan membuktikan bahwa salah satu penyebab kegagalan proyek IT adalah belum dijalankannya manajemen proyek IT dengan baik dalam menyelesaikan proyek IT. Padahal dengan nilai investasi yang tidak sedikit, para stake holder (pemilik proyek) selalu menuntut agar proyek IT dapat diselesaikan dengan baik, sesuai jadwal, scope waktu dan biaya yang telah disepakati. Di sinilah manajemen proyek IT memiliki peran yang sangat penting dalam menyelesaikan proyek. Manajemen proyek IT akan mengendalikan dan mengelola tiga komponen utama yang mendukung keberhasilan proyek IT yakni waktu, biaya dan fungsionalitas. Semakin tepat ketercapaian waktu, biaya dan fungsionalitas dari proyek IT yang telah direncanakan, maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilannya.

Akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen proyek IT merupakan salah satu unsur yang sangat penting untuk dimiliki setiap perusahaan. Tanpa adanya manajemen proyek IT, maka pembangunan IT menjadi tidak terarah. Dengan menerapkan manajemen proyek IT yang baik, maka kegagalan proyek IT bisa dihindari atau setidaknya diminimalkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar