Pages

Kamis, 18 Juli 2013

Dampak Teknologi Informasi terhadap Operasi Bisnis.



Dasar Teknologi Informasi
Teknologi informasi (TI) - alat berbasis komputer yang digunakan orang untuk bekerja dengan informasi dan mendukung kebutuhan informasi dan pengolahan informasi organisasi.
Teknologi Informasi
 mungkin penting untuk kesuksesan bisnis dan inovasi.

Sistem informasi manajemen (
SIM) - fungsi yang berencana untuk, mengembangkan, menerapkan, dan memelihara perangkat keras, perangkat lunak, dan aplikasi yang digunakan orang untuk mendukung tujuan organisasi
MIS adalah fungsi bisnis, mirip dengan Akuntansi, Keuangan, Operasi, dan Sumber Daya Manusia

Ketika mulai belajar tentang teknologi informasi adalah penting untuk memahami hal-hal berikut:
  • ·         Informasi
  • ·         Sumber daya TI
  • ·         Budaya  TI


Peran dan Tanggung Jawab dalam IT

Teknologi Informasi adalah suatu area fungsional yang relatif baru, karena hanya sekitar resmi selama sekitar 40 tahun

Baru-baru ini IT posisi strategis meliputi:
  • ·         Chief Information Officer (CIO)
  • ·         Chief Technology Officer (CTO)
  • ·         Chief Security Officer (CSO)
  • ·         Chief Privacy Officer (CPO)
  • ·         Chief Knowladge Officer (CKO)

Information Officer (CIO) - mengawasi semua penggunaan TI dan menjamin keselarasan strategis TI dengan tujuan bisnis dan tujuan

Fungsi CIO  meliputi:
Manajer - menjamin pengiriman semua proyek TI, tepat waktu dan sesuai anggaran

Pemimpin - memastikan visi strategis TI sejalan dengan visi strategis organisasi
.
Communicator - membangun dan memelihara hubungan eksekutif yang kuat
.

Chief Technology Officer (CTO) - bertanggung jawab untuk memastikan throughput, kecepatan, akurasi, ketersediaan, dan keandalan TI

Chief Security Officer (CSO) - bertanggung jawab untuk memastikan keamanan sistem TI

Chief Privacy Officer (CPO) - bertanggung jawab untuk memastikan penggunaan etika dan hukum informasi

Chief Knowladge Officer (CKO) - bertanggung jawab untuk mengumpulkan, memelihara, dan mendistribusikan pengetahuan organisasi

The Gap Antara Personil Bisnis dan TI Personil

Personil Bisnis memiliki keahlian di bidang fungsional seperti pemasaran, akuntansi, dan penjualan.

  •   IT personel memiliki keahlian teknologi.
  •  Hal ini biasanya menyebabkan kesenjangan komunikasi antara personil bisnis dan TI personil.


Meningkatkan Komunikasi
Bisnis-personil harus berusaha untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang IT

  •   IT personil harus berusaha untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang bisnis

  •   Ini adalah tanggung jawab CIO untuk memastikan komunikasi yang efektif antara personil bisnis dan TI personil


 Mengukur Kesuksesan Teknologi Informasi
Indikator kinerja utama (KPI) - langkah-langkah yang terkait dengan driver bisnis

Metrik adalah langkah-langkah rinci yang pakan KPI
. Metrik kinerja jatuh ke dalam wilayah samar-samar intelijen bisnis yang bukan teknologi, atau berpusat bisnis, tetapi membutuhkan masukan dari kedua TI dan profesional bisnis

  •   Efisiensi dan Efektivitas Metrik

Efisiensi IT metrik - mengukur kinerja dari sistem TI itu sendiri termasuk throughput, ketersediaan kecepatan.
Efektivitas IT metrik - mengukur dampak TI telah di proses bisnis dan kegiatan termasuk kepuasan pelanggan, tingkat konversi, dan menjual-melalui peningkatan


  •   Benchmarking - Metrik baselining 
Benchmarking - suatu proses terus menerus mengukur hasil sistem, membandingkan hasil tersebut dengan kinerja sistem yang optimal (nilai benchmark), dan mengidentifikasi langkah-langkah dan prosedur untuk meningkatkan kinerja sistem.

Hubungan timbal balik Efisiensi dan Efektivitas TI Metrik

Efisiensi TI metrik fokus pada teknologi dan mencakup:
  • ·         Throughput
  • ·         Transaksi kecepatan
  • ·         Sistem ketersediaan
  • ·         Informasi akurasi
  • ·         Web traffic
  • ·         Waktu respon

Efektivitas TI metrik fokus pada tujuan organisasi, strategi, dan tujuan dan mencakup:

  • ·         Usability
  • ·         Kepuasan pelanggan
  • ·         Tingkat konversi
  • ·         Finansial
  • ·         Hubungan timbal balik Efisiensi dan Efektivitas TI Metrik
  • ·         Keamanan merupakan masalah bagi setiap produk organisasi menawarkan atau jasa melalui Internet


Identifikasi Keunggulan Kompetitif

·         Keunggulan kompetitif - suatu produk atau jasa yang pelanggan organisasi menempatkan nilai yang lebih besar daripada penawaran pada serupa dari pesaing
·         Pertama-penggerak keuntungan - terjadi ketika sebuah organisasi secara signifikan dapat mempengaruhi pangsa pasarnya dengan menjadi yang pertama ke pasar dengan keunggulan kompetitif.

Organisasi menonton kompetisi mereka melalui pemindaian lingkungan
·         Lingkungan pemindaian - akuisisi dan analisis kejadian dan kecenderungan dalam lingkungan eksternal organisasi

Tiga alat umum digunakan dalam industri untuk menganalisis dan mengembangkan keunggulan kompetitif meliputi:

  • ·         Porter Five Forces Model
  • ·         Porter tiga strategi generik
  • ·         Nilai rantai.


Daya Pembeli
Daya
Pembeli - tinggi ketika pembeli memiliki banyak pilihan di antaranya untuk membeli dari dan rendah bila pilihan mereka sedikit

Program loyalitas
Program loyalitas - penghargaan pelanggan berdasarkan jumlah bisnis yang mereka lakukan dengan organisasi tertentu.

Daya
Pemasok
Daya pemasok - tinggi ketika pembeli memiliki beberapa pilihan di antaranya untuk membeli dari dan rendah bila pilihan mereka banyak.
Supply chain
Supply chain - terdiri dari semua pihak yang terlibat dalam pengadaan suatu produk atau bahan baku.

  • Ancaman Produk Pengganti atau Jasa

Ancaman produk pengganti atau layanan - tinggi ketika ada banyak alternatif untuk suatu produk atau jasa dan rendah ketika ada beberapa alternatif dari yang untuk memilih
Switching biaya - biaya yang dapat membuat pelanggan enggan untuk beralih ke produk atau layanan lain.


  • Ancaman Pendatang Baru

Ancaman pendatang baru - tinggi ketika itu adalah mudah bagi pesaing baru untuk memasuki pasar dan rendah bila ada hambatan masuk yang signifikan untuk memasuki pasar
Entry barrier - fitur produk atau jasa yang pelanggan telah datang ke harapkan dari organisasi dalam industri tertentu dan harus ditawarkan oleh organisasi masuk untuk bersaing dan bertahan hidup.


  • Rivalitas antara Pesaing

Rivalitas antara pesaing - tinggi ketika persaingan sengit di pasar dan rendah ketika persaingan lebih puas

Stategic generic
1.    Menciptakan Fokus Bisnis
Organisasi biasanya mengikuti salah satu dari tiga strategi generik Porter ketika memasuki pasar baru:

  • ·         Luas kepemimpinan biaya
  • ·         Luas diferensiasi
  • ·         Fokus strategi


2.    Menciptakan nilai
Setelah sebuah organisasi memilih strategi, dapat menggunakan tools seperti rantai nilai untuk menentukan keberhasilan atau kegagalan strategi yang dipilih.

  •   Proses bisnis - satu set standar dari kegiatan yang menyelesaikan tugas tertentu, seperti pengolahan pesanan pelanggan.
  •  Rantai nilai - memandang organisasi sebagai serangkaian proses, yang masing-masing menambah nilai produk atau jasa untuk setiap pelanggan.

- Tugas : Terapan Sistem Informasi Bisnis -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar