Dasar Teknologi Informasi
Teknologi
informasi (TI) - alat berbasis
komputer yang digunakan orang untuk
bekerja dengan informasi dan
mendukung kebutuhan informasi dan pengolahan informasi organisasi.
Teknologi Informasi mungkin penting untuk kesuksesan bisnis dan inovasi.
Sistem informasi manajemen (SIM) - fungsi yang berencana untuk, mengembangkan, menerapkan, dan memelihara perangkat keras, perangkat lunak, dan aplikasi yang digunakan orang untuk mendukung tujuan organisasi
MIS adalah fungsi bisnis, mirip dengan Akuntansi, Keuangan, Operasi, dan Sumber Daya Manusia
Ketika mulai belajar tentang teknologi informasi adalah penting untuk memahami hal-hal berikut:
Teknologi Informasi mungkin penting untuk kesuksesan bisnis dan inovasi.
Sistem informasi manajemen (SIM) - fungsi yang berencana untuk, mengembangkan, menerapkan, dan memelihara perangkat keras, perangkat lunak, dan aplikasi yang digunakan orang untuk mendukung tujuan organisasi
MIS adalah fungsi bisnis, mirip dengan Akuntansi, Keuangan, Operasi, dan Sumber Daya Manusia
Ketika mulai belajar tentang teknologi informasi adalah penting untuk memahami hal-hal berikut:
- · Informasi
- · Sumber daya TI
- · Budaya TI
Peran dan
Tanggung Jawab dalam IT
Teknologi
Informasi adalah suatu area fungsional yang relatif baru, karena hanya sekitar
resmi selama sekitar 40 tahun
Baru-baru ini IT posisi strategis meliputi:
Baru-baru ini IT posisi strategis meliputi:
- · Chief Information Officer (CIO)
- · Chief Technology Officer (CTO)
- · Chief Security Officer (CSO)
- · Chief Privacy Officer (CPO)
- · Chief Knowladge Officer (CKO)
Information Officer (CIO) - mengawasi semua penggunaan TI dan
menjamin keselarasan strategis TI dengan tujuan bisnis dan tujuan
Fungsi CIO meliputi:
Manajer - menjamin pengiriman semua proyek TI, tepat waktu dan sesuai anggaran
Pemimpin - memastikan visi strategis TI sejalan dengan visi strategis organisasi.
Communicator - membangun dan memelihara hubungan eksekutif yang kuat.
Chief Technology Officer (CTO) - bertanggung jawab untuk memastikan throughput, kecepatan, akurasi, ketersediaan, dan keandalan TI
Chief Security Officer (CSO) - bertanggung jawab untuk memastikan keamanan sistem TI
Chief Privacy Officer (CPO) - bertanggung jawab untuk memastikan penggunaan etika dan hukum informasi
Chief Knowladge Officer (CKO) - bertanggung jawab untuk mengumpulkan, memelihara, dan mendistribusikan pengetahuan organisasi
The Gap Antara Personil Bisnis dan TI Personil
Fungsi CIO meliputi:
Manajer - menjamin pengiriman semua proyek TI, tepat waktu dan sesuai anggaran
Pemimpin - memastikan visi strategis TI sejalan dengan visi strategis organisasi.
Communicator - membangun dan memelihara hubungan eksekutif yang kuat.
Chief Technology Officer (CTO) - bertanggung jawab untuk memastikan throughput, kecepatan, akurasi, ketersediaan, dan keandalan TI
Chief Security Officer (CSO) - bertanggung jawab untuk memastikan keamanan sistem TI
Chief Privacy Officer (CPO) - bertanggung jawab untuk memastikan penggunaan etika dan hukum informasi
Chief Knowladge Officer (CKO) - bertanggung jawab untuk mengumpulkan, memelihara, dan mendistribusikan pengetahuan organisasi
The Gap Antara Personil Bisnis dan TI Personil
Personil Bisnis memiliki keahlian di
bidang fungsional seperti pemasaran, akuntansi, dan penjualan.
- IT personel memiliki keahlian teknologi.
- Hal ini biasanya menyebabkan kesenjangan komunikasi antara personil bisnis dan TI personil.
Meningkatkan Komunikasi
Bisnis-personil
harus berusaha untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang IT
- IT personil harus berusaha untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang bisnis
- Ini adalah tanggung jawab CIO untuk memastikan komunikasi yang efektif antara personil bisnis dan TI personil
Mengukur
Kesuksesan Teknologi Informasi
Indikator
kinerja utama (KPI) - langkah-langkah yang terkait dengan driver bisnis
Metrik adalah langkah-langkah rinci yang pakan KPI. Metrik kinerja jatuh ke dalam wilayah samar-samar intelijen bisnis yang bukan teknologi, atau berpusat bisnis, tetapi membutuhkan masukan dari kedua TI dan profesional bisnis
Metrik adalah langkah-langkah rinci yang pakan KPI. Metrik kinerja jatuh ke dalam wilayah samar-samar intelijen bisnis yang bukan teknologi, atau berpusat bisnis, tetapi membutuhkan masukan dari kedua TI dan profesional bisnis
- Efisiensi dan Efektivitas Metrik
Efisiensi IT metrik - mengukur kinerja dari sistem TI
itu sendiri termasuk throughput, ketersediaan kecepatan.
Efektivitas IT metrik - mengukur dampak TI telah di
proses bisnis dan kegiatan termasuk kepuasan pelanggan, tingkat konversi, dan
menjual-melalui peningkatan
- Benchmarking - Metrik baselining
Hubungan timbal balik Efisiensi dan
Efektivitas TI Metrik
Efisiensi TI
metrik fokus pada teknologi dan mencakup:
- · Throughput
- · Transaksi kecepatan
- · Sistem ketersediaan
- · Informasi akurasi
- · Web traffic
- · Waktu respon
Efektivitas
TI metrik fokus pada tujuan organisasi, strategi, dan tujuan dan mencakup:
- · Usability
- · Kepuasan pelanggan
- · Tingkat konversi
- · Finansial
- · Hubungan timbal balik Efisiensi dan Efektivitas TI Metrik
- · Keamanan merupakan masalah bagi setiap produk organisasi menawarkan atau jasa melalui Internet
Identifikasi Keunggulan Kompetitif
·
Keunggulan kompetitif - suatu produk atau
jasa yang pelanggan organisasi menempatkan nilai yang lebih besar daripada penawaran
pada serupa dari pesaing
·
Pertama-penggerak keuntungan - terjadi ketika
sebuah organisasi secara signifikan dapat mempengaruhi pangsa pasarnya dengan
menjadi yang pertama ke pasar dengan keunggulan kompetitif.
Organisasi menonton kompetisi mereka melalui pemindaian lingkungan
·
Lingkungan pemindaian - akuisisi dan analisis
kejadian dan kecenderungan dalam lingkungan eksternal organisasi
Tiga
alat umum digunakan dalam industri untuk menganalisis dan mengembangkan keunggulan
kompetitif meliputi:
- · Porter Five Forces Model
- · Porter tiga strategi generik
- · Nilai rantai.
Daya Pembeli
Daya Pembeli - tinggi ketika pembeli memiliki banyak pilihan di antaranya untuk membeli dari dan rendah bila pilihan mereka sedikit
Program loyalitas
Program loyalitas - penghargaan pelanggan berdasarkan jumlah bisnis yang mereka lakukan dengan organisasi tertentu.
Daya Pemasok
Daya pemasok - tinggi ketika pembeli memiliki beberapa pilihan di antaranya untuk membeli dari dan rendah bila pilihan mereka banyak.
Daya Pembeli - tinggi ketika pembeli memiliki banyak pilihan di antaranya untuk membeli dari dan rendah bila pilihan mereka sedikit
Program loyalitas
Program loyalitas - penghargaan pelanggan berdasarkan jumlah bisnis yang mereka lakukan dengan organisasi tertentu.
Daya Pemasok
Daya pemasok - tinggi ketika pembeli memiliki beberapa pilihan di antaranya untuk membeli dari dan rendah bila pilihan mereka banyak.
Supply chain
Supply chain
- terdiri dari semua pihak yang terlibat dalam pengadaan suatu produk atau
bahan baku.
- Ancaman Produk Pengganti atau Jasa
Ancaman produk pengganti atau layanan - tinggi ketika ada banyak alternatif
untuk suatu produk atau jasa dan rendah ketika ada beberapa alternatif dari
yang untuk memilih
Switching biaya - biaya yang dapat membuat pelanggan enggan untuk beralih ke produk atau layanan lain.
Switching biaya - biaya yang dapat membuat pelanggan enggan untuk beralih ke produk atau layanan lain.
- Ancaman Pendatang Baru
Ancaman pendatang baru - tinggi ketika itu adalah mudah bagi pesaing baru untuk
memasuki pasar dan rendah bila ada hambatan masuk yang signifikan untuk
memasuki pasar
Entry barrier - fitur produk atau jasa yang pelanggan telah datang ke harapkan dari organisasi dalam industri tertentu dan harus ditawarkan oleh organisasi masuk untuk bersaing dan bertahan hidup.
Entry barrier - fitur produk atau jasa yang pelanggan telah datang ke harapkan dari organisasi dalam industri tertentu dan harus ditawarkan oleh organisasi masuk untuk bersaing dan bertahan hidup.
- Rivalitas antara Pesaing
Rivalitas antara pesaing - tinggi ketika persaingan sengit di pasar dan rendah
ketika persaingan lebih puas
Stategic generic
Stategic generic
1.
Menciptakan Fokus Bisnis
Organisasi biasanya mengikuti salah satu dari tiga strategi generik Porter ketika memasuki pasar baru:
Organisasi biasanya mengikuti salah satu dari tiga strategi generik Porter ketika memasuki pasar baru:
- · Luas kepemimpinan biaya
- · Luas diferensiasi
- · Fokus strategi
2.
Menciptakan nilai
Setelah sebuah organisasi memilih strategi, dapat menggunakan tools seperti rantai nilai untuk menentukan keberhasilan atau kegagalan strategi yang dipilih.
Setelah sebuah organisasi memilih strategi, dapat menggunakan tools seperti rantai nilai untuk menentukan keberhasilan atau kegagalan strategi yang dipilih.
- Proses bisnis - satu set standar dari kegiatan yang menyelesaikan tugas tertentu, seperti pengolahan pesanan pelanggan.
- Rantai nilai - memandang organisasi sebagai serangkaian proses, yang masing-masing menambah nilai produk atau jasa untuk setiap pelanggan.
- Tugas : Terapan Sistem Informasi Bisnis -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar