Pages

Kamis, 13 Juni 2013

Analisis Proses Bisnis UKM “Hidayah” Kue

I.      Pengantar
Memasuki tahun 2013, industri makanan serta minuman diprediksikan akan tetap meramaikan industri persaingan pasar. Menurut data yang didapatkan dari paduan entrepreneur makanan serta minuman indonesia, belakangan ini volume penjualan usaha makanan serta minuman didalam negeri terus alami peningkatan yang cukup tajam. 
UKM ‘Hidayah’ bertujuan untuk menawarkan produk-produknya dengan harga yang kompetitif untuk memenuhi permintaan pasar lokal dengan pendapatan yang lebih tinggi.  
Produk dan Layanan
UKM ini menawarkan berbagai produk kue dan roti dengan rasa dan kualitas yang tidak kalah saing dengan berbagai produk merk ternama, harganya pun relative dan sangat sesuai dengan pendapatan rata-rata masyarakat pada umumnya. UKM ini melayani semua pelanggan dengan menyediakan setiap produk kue dan roti kepada pelanggan dan ada pula yang dibuat sesuai permintaan pelanggan, sampai ke detail terkecil. 



UKM ‘Hidayah’ menyediakan servis dan layanan produk setiap saat selama operasi bisnis. Enam sampai delapan loyang roti dan kue siap setiap hari untuk memastikan selalu tersedia.
Pemasaran

Industri makanan di Indonesia baru-baru ini telah mengalami pertumbuhan pesat. Banyaknya permintaan pasar terhadap kue dan roti membuat pemilik UKM ini semakin meningkatkan promosi produknya.  
UKM ‘Hidayah’ menginginkan basis konsumen yang besar, dan karena itu pemilik memfokuskan bisnis dan pemasarannya pada masyarakat sekitar UKM, yang akan menjadi target pasar yang dominan. Ini akan membuat konsistensi pendapatan dasar untuk menjamin stabilitas usaha. Selain itu, pemesanan dalam jumlah besar diharapkan dapat terdiri dari sekitar 35% dari pendapatan. Visibilitas tinggi dan produk yang kompetitif dan pelayanan sangat penting untuk menangkap segmen pasar. 
 Misi

UKM ‘Hidayah’ bertujuan untuk menawarkan kue dan roti yang memiliki rasa berkualitas tinggi dan produk dengan harga yang relative dan kompetitif untuk memenuhi permintaan dari pasar lokal dengan pendapatan yang lebih tinggi dan pemesanan dalam jumlah besar. Serta keinginan untuk mempromosikan produknya pada segmen pasar yang lebih luas lagi.

Kunci Sukses
Kunci keberhasilan untuk UKM ‘Hidayah’ ini mencakup: 
- Harga yang relative dan kompetitif dikalangan masyarakat setempat. 
- Menyediakan produk kue dan roti yang berkualitas dengan layanan yang memuaskan agar pelanggan tersebut menjadi pelanggan tetap. 
 II.    Analisis Pasar 
 

Yang menjadi titik fokus UKM ‘Hidayah’ adalah pada pemenuhan kebutuhan dari penduduk lokal yang berbasis pada pelanggan tetap, serta tingkat signifikan dari pemesanan dalam jumlah yang besar.
Segmentasi Pasar

UKM ‘Hidayah’ berfokus pada masyarakat menengah dan atas sebagai pendapatan dalam pemasaran produk. Segmen pasar mengkonsumsi sebagian besar produk kue dan roti.
Warga Lokal

UKM ‘Hidayah’ menginginkan basis konsumen yang besar. Ini akan membentuk sehat, konsisten pendapatan dasar untuk menjamin stabilitas usaha.


Ppemesanan



Pemesanan dalam jumlah besar diperkirakan harus sekitar 35% dari pendapatan keseluruhan. Visibilitas tinggi dan produk yang kompetitif dan pelayanan sangat penting untuk menangkap segmen pasar.



Sasaran Strategi Segmen Pasar


Yang menjadi dominan dalam segmen pasar adalah aliran penjualan pada penduduk setempat. Kebijaksanaan layanan kepada pelanggan dengan harga yang kompetitif merupakan kunci untuk mempertahankan target pada pasar lokal.

Karena Jakarta memiliki kapasitas penduduk yang lebih padat dari pada kota lain, maka permintaan produk kue dan roti menjadi meningkat. Biasanya pesanan akan lebih meningkat ketika perayaan hari-hari besar ataupun ketika sedang ada acara yang dibuat oleh masyarakat setempat, seperti; pesta perkawinan, khitanan, arisan warga, dan pengajian warga sekitar. 

Layanan Analisis Bisnis
Industri kue dan roti di Jakarta baru-baru ini telah mengalami pertumbuhan pesat. Kondisi masyarakat yang kebanyakan adalah konsumen menjadi sebuah potensi tinggi bagi pendapat UKM. Pelanggan yang memesan kue dan roti selalu memberikan feedback yang positif, sehingga tak jarang pelanggan tersebut akan kembali lagi untuk membeli kue dan roti dari UKM ‘Hidayah’. Meskipun persaingan di kota sangat tinggi, namun UKM ‘Hidayah’ memposisikan dirinya sebagai tempat dimana pelanggan dapat menikmati kue dan roti yang lezat dengan harga yang bersahabat.  
Kompetisi dalam bisnis

Persaingan di wilayah kota sangat tinggi dengan menyuguhkan berbagai macam pelayanan untuk menarik minat pelanggan. Pelanggan di wilayah sekitar UKM biasanya menginginkan berbagai macam jenis kue dan roti yang lezat dengan kualitas yang baik, namun dengan harga yang terjangkau bagi mereka. UKM ‘Hidayah’ berusaha memberikan apa yang pelanggannya inginkan, menyediakan beraneka jenis kue dan roti dengan kualitas yang tentunya tidak dapat diragukan yang tentunya dapat dibeli dengan harga yang terjangkau.
Mampu bertahan dalam persaingan penjualan, kue black forest, bolu gulung, tart, lapis legit, brownis, dan yang lainnya, juga menyediakan layanan pembuatan kue sesuai dengan keinginan pelanggan. Selain penjualan di toko ini, penjualan dengan layanan yang sama juga dilakukan dibeberapa cabang lainnya.

Rantai pemesanan dalam jumlah besar bervariasi tergantung pada ukuran masing-masing toko dan lokasi. Toko yang lebih besar memuat pilihan yang banyak dari pembuatan kue dengan berbagai jenis ukuran dan kemasan, serta bermacam-macam kue dan peralatan dan alat lainnya seperti oven, mixer, loyang, kompor, wadah penyimpanan, dan lain sebagainya.
Pemilik menginginkan adanya teknologi dapat dengan mudah melakukan berbagai macam kegiatan transaksi dan promosi produk yang tersedia melalui mail order dan online. Selain itu, katalog mail order yang menawarkan kue dan roti, telah disediakan oleh beberapa pesaing yang lebih besar. Website yang menawarkan toko online yang memungkinkan pelanggan untuk mencari dan membeli kue dan roti melalui Internet telah menjadi suatu hal yang umum. Sehingga pemilik usaha membutuhkan sebuah akses yang tepat untuk meningkatkan penjualan produknya, sama seperti yang dilakukan oleh para pesaingnya.
 


2 komentar: