I. Pengantar
Memasuki
tahun 2013, industri makanan serta minuman diprediksikan akan tetap meramaikan
industri persaingan pasar. Menurut data yang didapatkan dari paduan
entrepreneur makanan serta minuman indonesia, belakangan ini volume penjualan
usaha makanan serta minuman didalam negeri terus alami peningkatan yang cukup
tajam.
UKM
‘Hidayah’ bertujuan untuk menawarkan produk-produknya dengan harga yang
kompetitif untuk memenuhi permintaan pasar lokal dengan pendapatan yang lebih
tinggi.
Produk
dan Layanan
UKM
ini menawarkan berbagai produk kue dan roti dengan rasa dan kualitas yang tidak
kalah saing dengan berbagai produk merk ternama, harganya pun relative dan
sangat sesuai dengan pendapatan rata-rata masyarakat pada umumnya. UKM ini
melayani semua pelanggan dengan menyediakan setiap produk kue dan roti kepada
pelanggan dan ada pula yang dibuat sesuai permintaan pelanggan, sampai ke
detail terkecil.
UKM
‘Hidayah’ menyediakan servis dan layanan produk setiap saat selama operasi
bisnis. Enam sampai delapan loyang roti dan kue siap setiap hari untuk
memastikan selalu tersedia.
Pemasaran
Industri
makanan di Indonesia baru-baru ini telah mengalami pertumbuhan pesat. Banyaknya
permintaan pasar terhadap kue dan roti membuat pemilik UKM ini semakin
meningkatkan promosi produknya.
UKM
‘Hidayah’ menginginkan basis konsumen yang besar, dan karena itu pemilik
memfokuskan bisnis dan pemasarannya pada masyarakat sekitar UKM, yang akan
menjadi target pasar yang dominan. Ini akan membuat konsistensi pendapatan
dasar untuk menjamin stabilitas usaha. Selain itu, pemesanan dalam jumlah besar
diharapkan dapat terdiri dari sekitar 35% dari pendapatan. Visibilitas tinggi
dan produk yang kompetitif dan pelayanan sangat penting untuk menangkap segmen
pasar.
Misi
UKM ‘Hidayah’ bertujuan untuk menawarkan kue dan roti yang memiliki rasa berkualitas tinggi dan produk dengan harga yang relative dan kompetitif untuk memenuhi permintaan dari pasar lokal dengan pendapatan yang lebih tinggi dan pemesanan dalam jumlah besar. Serta keinginan untuk mempromosikan produknya pada segmen pasar yang lebih luas lagi.
Kunci
Sukses
Kunci
keberhasilan untuk UKM ‘Hidayah’ ini mencakup:
- Harga yang relative dan kompetitif
dikalangan masyarakat setempat.
- Menyediakan produk kue dan roti yang
berkualitas dengan layanan yang memuaskan agar pelanggan tersebut menjadi pelanggan
tetap.
II. Analisis Pasar
Yang menjadi titik fokus UKM
‘Hidayah’ adalah pada pemenuhan kebutuhan dari penduduk lokal yang berbasis
pada pelanggan tetap, serta tingkat signifikan dari pemesanan dalam jumlah yang
besar.
Segmentasi Pasar
UKM ‘Hidayah’ berfokus pada
masyarakat menengah dan atas sebagai pendapatan dalam pemasaran produk. Segmen
pasar mengkonsumsi sebagian besar produk kue dan roti.
Warga Lokal
Ppemesanan
Pemesanan dalam jumlah besar
diperkirakan harus sekitar 35% dari pendapatan keseluruhan. Visibilitas tinggi
dan produk yang kompetitif dan pelayanan sangat penting untuk menangkap segmen
pasar.
Sasaran Strategi
Segmen Pasar
Layanan Analisis
Bisnis
Industri kue dan roti di Jakarta
baru-baru ini telah mengalami pertumbuhan pesat. Kondisi masyarakat yang
kebanyakan adalah konsumen menjadi sebuah potensi tinggi bagi pendapat UKM. Pelanggan
yang memesan kue dan roti selalu memberikan feedback
yang positif, sehingga tak jarang pelanggan tersebut akan kembali lagi untuk
membeli kue dan roti dari UKM ‘Hidayah’. Meskipun persaingan di kota sangat
tinggi, namun UKM ‘Hidayah’ memposisikan dirinya sebagai tempat dimana
pelanggan dapat menikmati kue dan roti yang lezat dengan harga yang bersahabat.
Kompetisi dalam
bisnis
Persaingan
di wilayah kota sangat tinggi dengan menyuguhkan berbagai macam pelayanan untuk
menarik minat pelanggan. Pelanggan di wilayah sekitar UKM biasanya menginginkan
berbagai macam jenis kue dan roti yang lezat dengan kualitas yang baik, namun
dengan harga yang terjangkau bagi mereka. UKM ‘Hidayah’ berusaha memberikan apa
yang pelanggannya inginkan, menyediakan beraneka jenis kue dan roti dengan
kualitas yang tentunya tidak dapat diragukan yang tentunya dapat dibeli dengan
harga yang terjangkau.
Mampu
bertahan dalam persaingan penjualan, kue black forest, bolu gulung, tart, lapis
legit, brownis, dan yang lainnya, juga menyediakan layanan pembuatan kue sesuai
dengan keinginan pelanggan. Selain penjualan di toko ini, penjualan dengan
layanan yang sama juga dilakukan dibeberapa cabang lainnya.
Rantai
pemesanan dalam jumlah besar bervariasi tergantung pada ukuran masing-masing
toko dan lokasi. Toko yang lebih besar memuat pilihan yang banyak dari pembuatan
kue dengan berbagai jenis ukuran dan kemasan, serta bermacam-macam kue dan peralatan
dan alat lainnya seperti oven, mixer, loyang, kompor, wadah penyimpanan, dan
lain sebagainya.
Pemilik
menginginkan adanya teknologi dapat dengan mudah melakukan berbagai macam kegiatan
transaksi dan promosi produk yang tersedia melalui mail order dan online.
Selain itu, katalog mail order yang menawarkan kue dan roti, telah disediakan
oleh beberapa pesaing yang lebih besar. Website yang menawarkan toko online
yang memungkinkan pelanggan untuk mencari dan membeli kue dan roti melalui
Internet telah menjadi suatu hal yang umum. Sehingga pemilik usaha membutuhkan sebuah
akses yang tepat untuk meningkatkan penjualan produknya, sama seperti yang
dilakukan oleh para pesaingnya.
Thank's gan infonya !!! Mantap ...
BalasHapususaha tanpa modal
mau usaha roti yang enak? jangan mulai tanpa alat ini sis :)
BalasHapus